Materi Blog 1 :

DESAIN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Kurikulum 2013 menitikberatkan pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga komponen tersebut secara eksplisit dinyatakan dalam kompetensi inti yang harus dimiliki siswa. Kurikulum 2013 juga mengatur kegiatan pembelajaran yang mengutamakan pendekatan scientific (ilmiah) yaitu mengamati, menanya, melatih, mencoba, menalar, dan meng-komunikasikan. Perubahan yang mendasar itu juga berdampak pada sistem penilaian yang lebih mengarah ke penilaian otentik.

Dalam Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Berdasarkan Permendikbud tersebut dijelaskan, bahwa penilaian terdiri atas: tes tulis, tes lisan, praktek dan kinerja (unjuk kerja/ performance), observasi selama kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran, serta penugasan (terstruktur dan tugas mandiri tak terstruktur). Penilaian otentik sebagai bentuk penilaian yang mencerminkan hasil belajar sesungguhnya, dapat menggunakan berbagai cara atau bentuk. Kunandar menyatakan, bahwa penilaian otentik antara lain melalui penilaian proyek atau kegiatan siswa, penggunaan portofolio, jurnal, demonstrasi, laporan tertulis, ceklis dan petunjuk observasi. Tujuan penilaian otentik adalah untuk mengukur berbagai keterampilan dalam berbagai konteks yang mencerminkan situasi di dunia nyata, di mana keterampilan-keterampilan tersebut digunakan. Penilaian otentik juga dapat digunakan untuk menjamin informasi yang sebenar-benarnya tentang kemampuan atau kompetensi peserta didik.

1. Pengertian Penilaian Otentik
Penilaian otentik adalah melaksanakan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai macam cara yang berhubungan dengan tugas guru yakni menilai sejauhmana keberhasilan pembelajaran. "Newman dan Wehlage dalam Peter Rennert-Ariev dan Loyola College mengatakan, bahwa “who claim that assesments help studens create discourse, products, and performance, that have value or meaning beyond success in school”.Penilaian otentik dapat membantu peserta didik membuat wacana, produk, dan pertunjukan yang memiliki nilai atau makna melampui kesuksesan di sekolah.

2. Prinsip-prinsip Penilaian Otentik
Sebagai bagian dari kurikulum 2013, penilaian otentik sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan komponen yang ada di dalamnya.namun disini guru mempunyai posisi yang sentral dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam pembelajaran. Untuk itu penilaian otentik harus memperhatikan beberapa prinsip-prinsip diantaranya adalah: a. Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. b. Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. c. Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender. d. Terpadu, berarti penilaian merupakan salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. e. Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihakpihak yang berkepentingan. f. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.g. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara terencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. h. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. i. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

3. Model Penilaian Otentik
Banyak tugas dan kegiatan penilaian pembelajaran yang dapat dikelompokkan ke dalam penilaian otentik selama tugas tersebut sesuai dengan hakikat penilaian otentik. O'Malley dan Pierce menyebutkan beberapa model penilaian otentik, antara lain wawancara lisan, menceritakan kembali teks, menulis sampel, proyek dan pameran, eksperimen atau demonstrasi, constructed-response items, pengamatan guru, dan portofolio Sementara itu, model penilaian otentik yang disebutkan oleh Nurgiyantoro antara lain penilaian kinerja, wawancara lisan, pertanyaan terbuka, menceritakan kembali teks atau cerita, portofolio, dan proyek. Model penilaian otentik juga disebutkan oleh Kemendikbud, antara lain penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian tertulis.

4. Ruang Lingkup Penilaian Otentik
Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahwa ruang lingkup dalam penilaian otentik mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

5. Teknik dan Instrumen Penilaian Otentik
Teknik dan instrumen penilaian otentik untuk menilai kemajuan belajar siswa yang meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

a. Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Berdasarkan Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bahwa ada beberapa cara yang yang dapat digunakan untuk menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa, yaitu observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Instrumen yang digunakan dalam observasi adalah lembar observasi atau jurnal. Hasil observasi dicatat dalam jurnal yang dibuat selama satu semester oleh guru kimia, guru BK, dan wali kelas Instrumen yang digunakan untuk penilaian diri berupa lembar penilaian diri yang dirumuskan secara sederhana, namun jelas dan tidak bermakna ganda, dengan bahasa lugas yang dapat dipahami peserta didik, dan menggunakan format sederhana yang mudah diisi peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antar teman berupa lembar penilaian antar teman menggunakan daftar cek.
a. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
b. Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
c.  Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
d. Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai karakteristik masing-masing KD.
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
a. Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
b. Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
c. Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.
a. Tes praktik adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.
b. Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
c. Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.

Disamping itu dikenal juga penilain produk yang meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produkproduk, teknologi, dan seni. Pengembangan produk meliputi 3 tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu: (1) Tahap persiapan,, meliputi penilaian kemampuan peserta didik dan merencanakan, menggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk; (2) Tahap pembuatan produk (proses), meliputi penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik; (3) Tahap penilaian produk, meliputi penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan, misalnya berdasarkan tampilan, fungsi, dan estetika. Penilaian produk biasanya menggunakan cara analitik atau holistik. Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap persiapan, pembuatan produk, dan penilaian produk). Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan hanya pada tahap penilaian produk. Fokus penilaian portofolio adalah kumpulan karya peserta didik secara individu atau kelompok pada satu periode pembelajaran tertentu.Melalui penilaian portofolio guru Kimia akan mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik. Misalnya, hasil karya peserta didik dalam menyusun atau membuat laporan praktikum Kimia selama satu semester.Atas dasar penilaian itu, pendidik dan/atau peserta didik dapat melakukan perbaikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran Kimia
  Instrumen penilaian harus memenuhi persyaratan:
1)  substansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai;
2)  konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan; dan
3) penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

CONTOH-CONTOH DESAIN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
a. Lembar Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktikum
Mata Pelajaran       :     Kimia
Kelas/Semester     :     X/1
Topik/Subtopik       :      Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit Daya Hantar Listrik Larutran
Indikator              :  Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah  disiplin, tanggung  jawab, jujur,  teliti dalam  merancang dan melakukan percobaan kimia
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Jujur
Teliti
Kreatif
Peduli
Jumlah Skor
1.
.....................
2.
......
-
Lembar Penilaian Sikap/Perilaku pada saat Diskusi
Lembar Penilaian  Kegiatan Diskusi
Mata Pelajaran       :  Kimia
Kelas/Semester      :  X / 2
Topik/Subtopik        :  Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah
Indikator              : Peserta didik  menunjukkan perilaku  kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif  serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
No
Nama Siswa
Kerja sama
Santun
Toleran
Responsif
Proaktif
Bijaksana
Jumlah Skor
1.
................
2.
................
...
.
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1 jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan 
Skor 2, jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan 
Skor 3, jika  sering berperilaku  dalam kegiatan 
Skor 4, jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan

Rentang nilai: skor ≤ 60 = cukup
61 ≤ nilai < 80 = baik
81 ≤ nilai ≤ 100 = sangat baik

b. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Penilaian diri   dilakukan oleh peserta didik  pada setiap selesai mempelajari satu KD atau pada ssaat telah menyelesaikan tugas tertentu,  
-          Penilaian diri setelah peserta didik selesai  belajar satu KD

Penilaian Diri
Topik:......................
Nama: ................
Kelas: ...................
Setelah mempelajari materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.

No
Pernyataan
Sudah memahami
Belum memahami
1.
Memahami perbedaan sifat larutan
berdasarkan daya hantar listriknya.
2.
Memahami perbedaan larutan elektrolit berdasarkan kekuatannya.
3.
Memahami senyawa-senyawa yang
larutannya bersifat elektrolit.

-          Penilaian diri setelah melaksanakan suatu tugas.

Contoh format penilaian diri setelah peserta didik mengerjakan Tugas Proyek Kimia

Penilaian Diri
Tugas:............................  
Nama:..........................                                                                                                Kelas:..............................
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Selama   melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
2
Saya  mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
3
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
4
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas
5
……………………………………….

Dari penilaian diri ini Anda dapat memberi skor misalnya YA=2, Tidak =1 dan membuat rekapitulasi bagi semua peserta didik. Penilaian diri, selain sebagai penilaian sikap jujur juga dapat diberikan untuk mengukur pencapaian kompetensi pengetahuan, misalnya peserta didik diminta mengerjakan soal-soal sebelum ulangan akhir bab dilakukan dan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia pada buku siswa. Berdasarkan hasilnya, diharapkan peserta didik akan belajar kembali pada topik-topik yang belum mereka kuasai. Untuk melihat hasil penilaian diri peserta didik, guru dapat membuat format rekapitulasi penilaian diri peserta didik dalam satu kelas.
Contoh.
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran:...........................................
Topik/Materi:..............................................
Kelas:..........................................................
No
Nama
Skor  Pernyataan  Penilaian Diri 
Jumlah
Nilai
1
2
3
.....
.....
1
Afgan
2
1
2
.....
.....
2
Aliva
2
2
1
.....
....
3
.............
.......








Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:

c. Penilaian Sikap melalui  Penilaian antar Peserta Didik
Penilaian sikap pada Kurikulum 2013 juga dapat diperoleh dari Penilaian Antar Peserta Didik. Penilaian ini merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik dalam bentuk  daftar cek dan skala penilaian. Kalimat pernyataan  dirumuskan secara sederhana, namun jelas dan tidak berpotensi munculnya penafsiran makna ganda/berbeda  dan  penilaian dapat dilakukan oleh peserta didik

Penilaian antar Peserta didik

Mata Pelajaran       :     Kimia
Kelas/Semester     :     X / 2
Topik/Subtopik       :     ...................................
Indikator                   :     Peserta didik  menunjukkan perilaku  kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Format Penilaian
 Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik: ........................................
Tanggal Penilaian: .....................................
Nama Teman yang dinilai: ........................
Nama Penilai:............................................
-        Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran  Kimia
-        Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
-        Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu

No
Perilaku
Dilakukan/muncul
YA
TIDAK
1.
Mau menerima pendapat teman
2.
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
3.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
4.
Mau bekerjasama dengan semua teman
5.
......................................

Pengolahan Penilaian:
1.    Perilaku/sikap  pada instrumen di atas ada yang positif (no 1. 2dan 4)  dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perlaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif  Ya = 1  dan Tidak = 2
2.    Selanjutnya  guru dapat membuat rekapitulasi  hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
Nama
Skor Perilaku
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
1
…….
2
Ami
2
2
1
2
2
9
3

Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:

d. Penilaian Sikap melalui Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal dapat memuat penilaian peserta didik terhadap aspek tertentu secara kronologis.  Kriteria jurnal:
-          Mengukur capaian kompetensi sikap yang penting.
-          Sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator.
-          Menggunakan format yang sederhana dan mudah diisi/digunakan.
-          Dapat dibuat rekapitulasi tampilan sikap peserta didik secara kronologis.
-          Memungkinkan untuk dilakukannya pencatatan yang sistematis, jelas dan komunikatif.
-          Format pencatatan memudahkan dalam pemaknaan terhadap tampilan sikap peserta didik
-          Menuntun guru untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan peserta didik.
Kelebihan yang ada pada jurnal adalah peristiwa/kejadian dicatat dengan segera. Dengan demikian, jurnal bersifat asli dan objektif dan dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan lebih tepat. Sementara itu, kelemahan yang ada pada jurnal adalah reliabilitas yang dimiliki rendah dan menuntut waktu yang banyak.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jurnal adalah:
1)    Catatan atas pengamatan guru harus objektif
2)    Pengamatan dilaksanakan secara selektif, artinya yang dicatat hanyalah kejadian/peristiwa yang berkaitan dengan Kompetensi Inti.
3)    Pencatatan segera dilakukan (jangan ditunda-tunda)
4)    Setiap peserta didik memiliki Jurnal yang berbeda ( Kartu Jurnal yang berbeda)

Pedoman umum penskoran jurnal:
1)    Penskoran pada jurnal dapat dilakukan dengan menggunakan skala likert. Sebagai contoh skala 1 sampai dengan 4.
2)     Setiap aspek yang sesuai dengan indikator yang muncul pada diri peserta didik diberi skor 1, sedangkan yang tidak muncul diberi skor 0.
3)    Jumlahkan skor pada masing-masing aspek,skor yang diperoleh pada masing-masing aspek kemudian direratakan
4)    Nilai  Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) ditentukan dengan cara menghitung rata-rata skor dan membandingkan dengan kriteria penilaian

CONTOH JURNAL
Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas:   .....................................................................................
Aspek yang diamati: ………...........................................………..

NO
HARI/TANGGAL
KEJADIAN
KETERANGAN/
TINDAK LANJUT
1.
...

Penilaian Pengetahuan
Contoh Soal Uraian
Indikator    :     Merancang percobaan untuk menyelidiki  sifat larutan berdasarkan daya 
Soal              :     Kalian dengan teman-temanmu akan menyelidiki kekuatan sifat larutan elketrolit, coba jawablah pertanyaan berikut 
a.    Gambarkan rancangan alat berikut keterangannya
b.    Tentukan variable maniplasi, respon dan kontrol yang harus diperhatikan pada percobaan tersebut
c.     Uraikan langkah kegiatan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Contoh Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
a.
-     Gambar rangkaian alat uji elektrolit benar, keterangan lengkap  dan menarik
-     Gambar rangkaian alat uji elektrolit benar, keterangan lengkap  dan kurang menarik
-     Gambar rangkaian alat uji elektrolit benar, keterangan kurang  lengkap  dan menarik
30

20

10
b.
-    Variabel manipulasi, respon dan kontrol benar
-    Hanya dua variable yang tepat
-    Hanya satu variable yang benar
30
20
10
c.
-    Uraian sistematis dan benar
-       Uraian kurang sistematis dan benar
20
10
Skor maksimal
80

Demikianlah beberapa contoh desain penilaian autentik dalam pembelajaran kimia. Dari uraian di atas ada beberapa hal yang perlu dibahas, yaitu :
1.     Apakah dalam setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) ?
2.     Apakah penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri merupakan sesuatu yang esensial dalam proses pembelajaran?
3.     Bagaimana pendapat anda tentang contoh-contoh desain penilaian autentik yang saya berikan?

Komentar

  1. Menjawab permasalahn kedua, menurut saya penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri merupakan suatu yang essensial dalam proses pembelajaran. Karena selain guru langsung mengobservasi secara langsung, pastinya guru sulit untuk merekam seluruh aktivitas siswa. Sehingga yang mengetahui diri siswa itu sendiri adalah siswa dan lingkungan sekitarnya. Jadi mereka bisa lebih intens dalam menilai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan fanny, bahwa salah satu cara yang bia digunakan guru dalam melakukan penilaian otentik bisa dengan penilaian diri dan penilaian antar teman. hasil dari kedua penilaina ini bisa salng dikroscek sehingga akan kecil kemungkinan kesubjektifan hasilnya. selain itu juga untk memperkuat objektivitas penilaian siswa bisa diberikan penilaian tambahan berupa tes tertulis.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat fannya dan kk rini, pada dasarnya Penilaian sikap pada Kurikulum 2013 juga dapat diperoleh dari Penilaian Antar Peserta Didik. Penilaian ini merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik dalam bentuk daftar cek dan skala penilaian. Kalimat pernyataan dirumuskan secara sederhana, namun jelas dan tidak berpotensi munculnya penafsiran makna ganda/berbeda dan penilaian dapat dilakukan oleh peserta didik. dan Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik pada setiap selesai mempelajari satu KD atau pada ssaat telah menyelesaikan tugas tertentu,

      Hapus
  2. Apakah penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri merupakan sesuatu yang esensial dalam proses pembelajaran?
    Menurut saya iya esensial, karna pada penilaian diri memiliki beberapa manfaat. Pertama, menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Kedua, peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya. Ketiga, mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik berperilaku jujur. Keempat, menumbuhkan semangat untuk maju secara personal. sedangkan pada penilaian antar teman dapat melatih peserta didik menjadi pembelajar yang baik, karna penilaian yang dilakukan terhadap sikap seorang peserta didik oleh peserta didik lainnya dalam suatu kelas atau rombongan belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan rini bahwasannya penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri merupakan suatu yang essensial dalam proses pembelajaran.

      Hapus
  3. menjawab pertanyaan pertama, Dimana penilaian otentik ini harus dilakukan dalam setiap materi karena penilaian otentik ini dapat membantu peserta didik membuat wacana, produk, dan pertunjukan yang memiliki nilai atau makna melampui kesuksesan di sekolah. artinya semua aspek baik itu sikap, pengetahuan, dan keterampilan harus dinilai. dalam menilai keterampilan siswa tidak hanya dilakukan saat melaksanakan eksperimen/praktikum tetapi juga dapat dinilai saat mempelajari materi yang bersifat teoritis seperti terampil dalam berargumentasi, terampil dalam menghitung data,dll.
    untuk pertaanyaan kedua ya essensial dimana dalam penilaian diri sendiri siswa dapat melakukan introspeksi diri terhadap topik-topik yang belum mereka pahami sehingga memunculkan minat untuk belajar yang lebih lagi dan juga penilaian antar peserta didik dimaksudkan agar siswa dapat menerima berbagai pendapat orang lain yang harus mereka perbaiki untuk menjadi pembelajar yang lebih baik.
    untuk pertanyaan ketiga menurut saya sudah cukup baik karena telah memuat ketiga aspek penilaian autentik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara rina, setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) agar peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai.

      Hapus
    2. menurut saya untuk menjawab pertanyaan pertama tentang apakah setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan), ya tentu karena menurut saya dalam suatu proses pembelajaran peserta didik akan melakukan ketiga aspek kemampuan tersebut maka haruslah dilakukan penilaiannya

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan teman-teman diatas tentang jawab pertanyaan pertama tentang apakah setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan), untuk penilaian otentik ini seharusnya memang kita harus menilai di setiap pertemuan, contohnya saja keterampilan siswa seperti bertanya, berpendapat dan lainnya perlu kita nilai.

      Hapus
  4. Ya mnurut saya dalam penilaian otentik harus menilai 3 aspek tersebut dalam setiap materi. Karena kurikulum skarang sudah menuntut siswa memiliki 3 aspek pengetahuan yaitu kognitif afektif dan paikomotor. Jadi tidak bisa hanya salah satu saja.

    BalasHapus
  5. menjawab permasalahan yang pertama, Apakah dalam setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) ? menurut saya iya karena tuntutan dari K13 itu sendiri. dalam artikel kak nelly juga sudah jelas menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 menitikberatkan pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga komponen tersebut secara eksplisit dinyatakan dalam kompetensi inti yang harus dimiliki siswa.jika harus dimiliki siswa artinya harus juga dilakukan penilaian dari ketiga aspek tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan kak melda, mengenai "Apakah dalam setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) ?"
      Iya perlu dilakukan penilain, sesuai Dalam Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Berdasarkan Permendikbud tersebut dijelaskan, bahwa penilaian terdiri atas: tes tulis, tes lisan, praktek dan kinerja (unjuk kerja/ performance), observasi selama kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran, serta penugasan (terstruktur dan tugas mandiri tak terstruktur).

      Hapus
  6. Apakah dalam setiap pertemuan/tatap muka kita diwajibkan melakukan ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) ?

    menurut saya ketiganya perlu dilakukan. hal ini dilaksanakan sesuai pula dengan permendikbud. namun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik materi yang diajarkan pada saat itu. tentu didalam pembelajaran siswa melaksanakan ketiga komponen itu. disesuiakan juga dengan karakter materi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Blog 5

Materi 3

Materi Blog 4